3/27/2012

Athletic Club Bilbao Profile

Agen Bola - Satu klub sepak bola Spanyol yang kini menjadi kandidat kuat juara Europa League adalah Athletic Club. Athletic Club atau juga dikenal sebagai Athletic Bilbao karena berbasis di Bilbao, merupakan asosiasi sepak bola profesional Spanyol yang bermain di kompetisi sepak bola La Liga. Klub ini telah bermain di Primera División La Liga sejak awal tahun 1928. Tim ini telah memenangkan La Liga delapan kali. Dalam klasifikasi kompetisi La Liga, Athletic adalah salah satu dari hanya tiga klub yang belum pernah terdegradasi dari La Liga seperti klub Real Madrid dan Barcelona. Bilbao juga memiliki tim sepakbola perempuan yang telah memenangkan empat kejuaraan Superliga Spanyol. Athletic adalah salah satu dari empat klub profesional di Spanyol yang bukan dalam bentuk perusahaan olahraga.

Klub dimiliki dan dioperasikan oleh asosiasi perusahaan (disebut socios). Klub lainnya yang juga berbentuk sociocos adalah Real Madrid, Barcelona dan Osasuna. Athletic Bilbao dikenal dengan julukan Los Leones (The Lions) karena stadion yang menjadi kandang utamanya dibangun di dekat sebuah gereja bernama San Mames (Saint Mammes). Mammes adalah seorang Kristen yang dilemparkan kepada para singa oleh orang Romawi. Singa-singa tersebut tidak mau memakan Mammes dan kemudian dirinya menjadi santo. Sehingga The San Mames Stadium yang menjadi kandang Athletic Bilbao ini dijuluki "katedral sepakbola".

Prestasi domestik klub ini antara lain Juara La Liga 8 kali dan runner-up 7 kali, Juara Copa del Rey 23 kali dan runner-up 12 kali, Juara Supercopa de España sekali tahun 1984 sekaligus La Liga di tahun yang sama dan runner-up 2 kali, Juara Copa Eva Duarte tahun 1950. Dan di skala Internasional antara lain runner-up UEFA Cup / UEFA Europa League musim 1976–77, Juara Small World Club Cup tahun 1967, dan banyak lagi penghargaan lainnya.Klub ini telah dipuji karena selalu mempromosikan pemain yang telah dibinanya sendiri sehingga memiliki loyalitas kepada klub. Panggilan klub ini adalah Los Leones atau The Lions dimana tim ini didirikan pada 1898. Stadion kebesaran mereka adalah San Mames dengan pelatihnya kini yaitu Marcelo Bielsa.
Athletic Club Bilbao Profile 100out of 100 based on 518 ratings. 1 user reviews.
Athletic Club Bilbao Profile Reviewed by Muh Mufid on 3/27/2012 Athletic Club Bilbao Profile Rating: 4.5

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Obrolan Ringan